Iqbal Tawakal

Sometimes i don't feel like going to do something, but i remember i was born like a rich and smart person not a poor or lazy person.
Driver better, Don't Look Back in Anger - Noel Gallagher

Jumat, 09 November 2012

Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia


MASUK DAN MEMBUDAYANYA AGAMA ISLAM DI INDONESIA

            Agama islam masuk ke Indonesia pertama kali sekitar abad ke-7 yang dibawa oleh para pedagang dan para pelaut yang hijrah ke Indonesia, para pedagang tersebut umumnya berasal dari Negara Arab seperti, Arab, Persia, Gujarat, Mesir dll.
            Agama Islam sangat besar pengaruhnya dan sangat bias diterima oleh para bangsa asli Indonesia karena isi dari Agama Islam itu sendiri Rasional dan mudah dimengerti oleh bangsa Indonesia, sehingga Agama Islam sangat mudah menyebar dan mendarah daging di Indonesia hingga saat ini.

Berikut ini adalah Saluran dan Proses Islamisasi di Indonesia :
1.      Perdagangan
2.      Perkawinan
3.      Pendidikan
4.      Tasawuf
5.      Kesenian
6.      Dakwah Wali Songo

KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA

1.     Kerajaan Samudra Pasai

Kerajaan Samudra Pasai didirikan pada abad ke-11 oleh Meurah Khair (Maharaja Mahmud Syah) 1042-1078. Kerajaan ini terletak di pesisir Timur Laut Aceh. Maharaja Mahmud Syah digantikan oleh Maharaja Mansyur Syah pada tahun 1078-1133. Kemudian digantikan lagi oleh Maharaja Ghiyasyuddin Syah dan berkuasa dari 1133-1155. Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan yang paling banyak berganti kepemimpinan dari satu raja ke raja yang lainnya. Namun Kerajaan ini menemui masa keemasannya ketika Kerajaan ini dipimpin oleh Sultan Zainal Abidin (1383-1405).
Wilayah Kekuasaan Kerajaan Samudra Pasai :

Letak Kerajaan Samudra Pasai

2.     Kerajaan Demak

Berdirinya kerajaan Demak adalah akibat lemahnya Kerajaan Majapahit yang sudah akan runtuh pada saat itu. Raja Pertama Kerajaan Demak adalah Raden Patah. Ia memerintah dari tahun 1500-1518. Pada masa pemerintahannya lah Agama Islam berkembang Pesat. Raden Patah digantikan oleh putranya ketika wafat, beliau digantikan oleh Pati Unus, namun Pati Unus tidak lama memimpin demak karena selang waktu 3 tahun beliau gugur ketiak perang mengusir Portugis dan digantikan oleh Sultan Trenggono dan Kerajaan Demak menemui masa Keemasannya.

Wilayah Kerajaan Demak
Wilayah Kerajaan Demak


3.     Kerajaan Banten

Kerajaan Banten meliputi wilayah sebelah barat pantai jawa samapi ke Lampung. Pada awal berdirinya kesultanan Banten telah memungkinkan kemajuan yang luar biasa dalam banyak bidang.

Berikut ini adalah urutan kepemimpinan kesultanan Banten :

1.      Maulana Hasanuddin
2.      Maulana Yusuf
3.      Maulana Muhammad
4.      Abu Mufakhir
5.      Abu Ma’ali

Raja Banten Berikutnya adalah Sultan Ageng Tirtayasa. Di bawah pemerintahan Sultan Agung Tirtayasa, kerajaan Banten berhasil mencapai kejayaannya. Sultan Agung Tirtayasa berusaha keras mengusir VOC dari kerajaan Banten. Namun pada akhirnya usaha ini gagal karena masalah internal dalam kerajaan.

Wiayah Kerajaan Banten :

Wilayah Kerajaan Demak
Sumber : SEJARAH untuk SMA dan MA Kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Alam
               Karangan Magdalia Alfian, Nana Nurliana Soeyono, Sudarini Suhartono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar