Pada
dasarnya sebelum kita mengetahui sebuah inti dari sesuatu yang akan kita bahas,
sebelumnya kita butuh mengetahui dulu baik secara singkat, ataupun mengetahui
dasarnya. Begitu juga jika kita ingin mengetahui apa definisi dari Teori
Organisasi, maka sebelumnya kita harus mengetahui arti dari Organisasinya
terlebih dahulu.
Organisasi
Menurut
saya Organisasi adalah tempat dimana terdapat sekumpulan orang dengan satu
tujuan walaupun banyak cara tapi semuanya itu dilakukan dengan cara berdiskusi
dan bertukar pikiran demi satu tujuan (Relevancy) untuk menggapai visi dan misi
dari sebuah organisasi tersebut secara bersama, terorganisasi, terpimpin,
terkendali, dan mengikuti peraturan (Rules) yang ada.
Organisasi
pada dasarnya adalah sebagai
tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan
sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam
memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode,lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang
digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli
terdapat beberapa pengertian organisasi atau Teori Organisasi Umum sebagai
berikut.
- Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
- James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
- Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
- Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Walaupun banyak
pengertian akan organisasi dari para ahli di dunia, secara dasarnya Organisasi
itu adalah tempat dimana sekumpulan orang yang terdiri lebih dari 2 untuk
saling berpartisipasi dan bertukar pikiran untuk sebuah Visi dan Misi yang
dikaji dalam susunan tujuan yang diinginkan oleh orang-orang yang terdapat
didalam sebuah organisasi tersebut dengan memanfaatkan berbagai macam aspek
yang sangat berpengaruh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar