Iqbal Tawakal

Sometimes i don't feel like going to do something, but i remember i was born like a rich and smart person not a poor or lazy person.
Driver better, Don't Look Back in Anger - Noel Gallagher

Minggu, 06 Oktober 2013

Kehidupan Ber-Organisasi



Pada dasarnya sebelum kita mengetahui sebuah inti dari sesuatu yang akan kita bahas, sebelumnya kita butuh mengetahui dulu baik secara singkat, ataupun mengetahui dasarnya. Begitu juga jika kita ingin mengetahui apa definisi dari Teori Organisasi, maka sebelumnya kita harus mengetahui arti dari Organisasinya terlebih dahulu.

Organisasi 

Menurut saya Organisasi adalah tempat dimana terdapat sekumpulan orang dengan satu tujuan walaupun banyak cara tapi semuanya itu dilakukan dengan cara berdiskusi dan bertukar pikiran demi satu tujuan (Relevancy) untuk menggapai visi dan misi dari sebuah organisasi tersebut secara bersama, terorganisasi, terpimpin, terkendali, dan mengikuti peraturan (Rules) yang ada.
Organisasi pada dasarnya adalah sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, materialmesinmetode,lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.

  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama

  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama

  •  Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Walaupun banyak pengertian akan organisasi dari para ahli di dunia, secara dasarnya Organisasi itu adalah tempat dimana sekumpulan orang yang terdiri lebih dari 2 untuk saling berpartisipasi dan bertukar pikiran untuk sebuah Visi dan Misi yang dikaji dalam susunan tujuan yang diinginkan oleh orang-orang yang terdapat didalam sebuah organisasi tersebut dengan memanfaatkan berbagai macam aspek yang sangat berpengaruh.


Pentingnya Teori Organisasi dan Berorganisasi.
Secara langsung maupun tidak langsung kata Organisasi itu sangat lah penting untuk setiap orang yang ingin maju terutama untuk orang yang berjiwa sosial tinggi. Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya anda untuk Berorganisasi dan pentingnya Teori Organisasi untuk berorganisasi.
1.  Melatih dan mengajarkan baik secara langsung maupun tidak langsung setiap orang untuk belajar bersosialisasi terhadap apa yang ada disekitarnya terutama lingkungan, karena lingkungan adalah hal terkecil dan mendasar yang selalu mengelilingi kita. Karena bersosialisasi inilah adalah suatu hal yang sangat berguna untuk masa depan terutama ketika anda telah menduduki dunia kerja, karena itu akan menunjang karir anda untuk kemajuan diri anda.
2.  Memberikan Pelajaran untuk meyakinkan orang lain. Belajar berorganisasi melatih kamu agar dapat melobi atau membuat proposal yang meyakinkan untuk diakui dan diterima orang lain. Demikian pula ketika terjun ke dunia nyata kelak, untuk memperoleh satu proyek besar, kamu harus bisa mengajukan lobi yang menyakinkan untuk menang.
3.      Menjadikan diri sendiri menjadi seorang insan yang kreatif akan semua hal, karena dalam beroraginisasi dan dalam teori organisasi itu, kreatif merupakan sebuah manfaat yang paling jelas sehingga setiap pribadi memiliki sifat aktif bukan pasif lagi.
4.      Menjadikan pribadi yang menarik karena kepimpinan yang dilakukan oleh anda, sehingga setiap mata tertuju padamu.
5.      Merupakan sebuah hal yang paling terpenting dalam Teori Organisasi dan Berorganisasi adalah mengajarkan :
a.       Tanggung Jawab
b.      Solidaritas
c.       Kepemimpinan
d.      Kejujuran
e.       Pantang Menyerah
f.       Menanggung Beban sendiri, tidak melempar beban kepada orangg lain, dll.

Pengalaman Ber-Organisasi.
Sejak dibangku SMP maupun SMA saya tidak begitu aktif dalam berorganisasi terutama OSIS karena saya tergolong anak yang Bandel dan Jarang Patuh pada peraturan hahaha, akan tetapi saya selalu aktif dalam berdiskusi dan bertukar pendapat meskipun saya bukan anggota dari OSIS tersebut mungkin karena kepribadian saya yang selalu ingin terjun langsung dalam suatu hal yang menurut saya perlu pembenahan. Semenjak saya lulus dari SMA dan masuk Universitas Gunadarma, saya sudah menanamkan pada diri saya bahwa saya perlu untuk berorganisasi apapun itu bentuk organisasinya, setelah saya masuk Gunadarma karena saya kebetulan berdomisili di Bogor bergabunglah saya bersama para GAMAGUDABO (Gabungan Mahasiswa Gunadarma Bogor) yang merupakan sebuah Organisasi yang sudah ada sebelum Universitas Gunadarma ada, yang dulu bernama HIMASABO, dan kemudian pecah dan para Mahasiswa dan Dosen yang tinggal berdomisili di Bogor mendirikan GAMAGUDABO.



Yang mana Organisasi ini merupakan sebuah organisasi yang sangat teramat peduli akan segala aspek terutama aspek Sosial dan Olahraga terutama untuk domisili Bogor, yang mana event yang selalu diadakan Gamagudabo selalu menggunakan dan dari hasil sendiri bukan dana dari lembaga-lembaga, karena perlu ditekankan disini GAMAGUDABO lebih mementingkan PROFESIONALISME ketimbang IDEALISME apa lagi Idealisme akan Materi.
Berikut ini adalah Event-Event yang selalu Rutin diadakan GAMAGUDABO yang mana dalam 1 tahun itu ada 3 event penting yang harus dilakukan oleh para Mahasiswa Gunadarma yang berdomisili di Kota Bogor.


11. GAMAGUDABO JAMBORE :
Ajang Bermain atau Pra acara untuk angkatan baru yang menjadi Maba, biasanya ajang ini dilakukan dengan bermain bersama, mendaki gunung bersama, outbound, dan lain-lainnya.




22. GAMAGUDABO CUP :
Ajang Turnament Futsal terbesar sekota Bogor yang diadakan oleh Gamagudabo sebagai Panitianya, yang setiap tahun akan selalu turun temurun kepada per-angkatan untuk pembelajaran Ber-organisasi.


















  3. GAMAGUDABO BAKTI SOSIAL :
Event keterlibatan Gamagudabo akan rasa sosial yang tinggi terhadap Masyrakat luas, terutama untuk masyarakat yang membutuhkan, Gamagudabo Baksos ini ada beberapa acara inti yang rutin digelar, seperti :
a.       Donor Darah
b.      Kunjungan Panti Asuhan untuk berbagi rasa bersama para Anak Yatim.
c.   Sunatan masal, dll.






Referensi :

1. D, Ratna Wilis. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.Hlm. 56
3. Buku SMA, mengenai Teori Organisasi

4. http://slurppsss.wordpress.com/2010/10/03/definisi-para-ahli-tentang-organisasi-beserta-bentuknya/
5. Otak Sendiri :D

 


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar