Iqbal Tawakal

Sometimes i don't feel like going to do something, but i remember i was born like a rich and smart person not a poor or lazy person.
Driver better, Don't Look Back in Anger - Noel Gallagher

Jumat, 18 Januari 2013

Aspek Positif dan Aspek Negatif Perkotan

Kota oooohhhh... Kota, di dalam setiap pemikiran orang kota adalah sebuah tempat yang segala semuanya berpotensi dan merupakan tempat yang menawarkan kemegahan dan kemudahan untuk segala keperluan untuk setiap orang namun apakah benar seperti itu??????
Mungkin itu semua bisa dibuktikan dengan kita mengerti dan tau akan Apek Positif atau Negatif dari Perkotaan itu sendiri.

Aspek Positif
Umumnya semua masyarakat yang tinggal dikota itu menginginkan semua sesuatu itu mudah karena ini di Kota, bukan pedesaan lagi, tapi apakah itu benar? apakah kota-kota di Indonesia sudah seperti itu?
Mungkin sekarang-sekarang Perkotaan membutuhkan Aspek-aspek berikut ini walaupun aspek ini baru bisa dijalankan dalam jangka waktu panjang dan banyak kendala.

  • Livable City
Livable City atau kenyamanan kota, aspek ini sangat baik untuk kemajuan kota baik kemajuan secara fisik maupun non-fisik, karena kenyamanan adalah yang utama, tapi apakah kota kita ini sudah Livable City? contoh nyatanya saja Kota Jakarta yang keudukannya sebagai Ibu Kota apakah sudah nyaman?
Contoh ketidaknyamanan

Perkotaan di Indonesia belum semuanya bisa dikatakan Livable city, karena masih banyak Ancaman, Hambatan, Gangguan, dan Tantangan yang harus ibereskan terleboih dahulu baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

  • Urban Security
Keamanan, keamanan juga merupakan sesuatu yang vital di perkotaan, jika kota tak aman maka sudah pasti tak nyaman. Kedua aspek ini saling berinteraksi dan berkesinambungan satu sama lain.
Keamanan perkotaan juga merupakan cerminan langsung dari kinerja pemerintah atau lembaga yang bersangkutan dalam keamanan di perkotaan. Mungkin memang keamanan ini adalah aspek yang susah-susah gampang karena aspek ini sangat erat kaitannya dengan kemajuan ekonomi di kotanya maupun negaranya.

Namun dibalik kedua aspek itu yang belum bisa diatasi perkotaan juga memiliki aspek positif lainnya seperti :
  1. Pemerintah telah bagus mengkordinir daerah daerah diluar perkotaan untuk maju, walaupun belum setiap kota seperti itu.
  2. dll.

Aspek Negatif Perkotaan
  • Hampir semua kota belum bisa menghentikan urbanisasi yang berlebihan.

  • Tidak adanya peningkatan keamanan dan kenyamanan untuk masyarakatnya sendiri dengan cepat tanggap.

  • Buruknya perawatan fasilitas perkotaan

  • Buruknya perawatan kawasan Hijau di perkotaan yang dijadikan lawan industri.
  • Terkadang kurangnya respon untuk membenahi perkotaan dan membantu pedesaan
  • dll.
Sumber : http://bulletin.penataanruang.net/index.asp?mod=_fullart&idart=236

Tidak ada komentar:

Posting Komentar