Iqbal Tawakal

Sometimes i don't feel like going to do something, but i remember i was born like a rich and smart person not a poor or lazy person.
Driver better, Don't Look Back in Anger - Noel Gallagher

Selasa, 15 Januari 2013

Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda

Bisa dibilang generasi muda adalah jantungnya bangsa dan negara di setiap negaranya terutama Indonesia, tak menutup kemungkinan sekarang-sekarang ini generasi muda sudah bisa dibilang tak ada semangat untuk maju, walaupun didalam setiap hati nurani dari setiap yang muda itu memiliki jiwa untuk maju seperti jiwa patriotisme, jiwa bangga akan menjadi bagian dari Bangsa Indonesia dll. Generasi muda sekarang sudah seperti tak terjamah atau tak terpantau keadaannya, maju mundurnya bangsa dan negara itu hampir semuanya di tentukan oleh generasi muda, coba bayangkan seberapa besarnya peran generasi muda, jika saja generasi muda kita lebih maju, mungkin bangsa kita hari demi harinya akan mengalami kemajuan terutama pada generasi mudanya karena generasi muda adalah jantungnya bangsa dan negara.
Maka dari itu sangat penting sekali diadakannya pembinaan dan pengembangan untuk generasi muda, sebelum generasi muda kita semakin tergelincir kedalam jurang kehampaan.

dalam Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda bisa dilakukan dari berbagai macam cara seperti :

  • Perluasan dan Pemenataan Belajar
Perluasan dan Pemenataan Belajar disini dimaksudkan untuk diadakannya pemerataan bagi semua generasi muda untuk belajar terutama untuk mengikuti peraturan pemerintah yang mengharuskan belajar paling rendah selama 9 tahun, walaupun hanya 9 tahun tapi itu semua ditujukan agar setiap siswa mampu mengerti dasar-dasar pendidikan yang harus didapatkan setiap generasi muda secara rata dan menyeluruh di Indonesia.
  • Peningkatan Mutu Pendidikan
Peningkatan mutu pendidikan sangat berguna untuk generasi muda terutama dengan menambahkan agenda pelajaran soft skill untuk generasi muda untuk melatih keterampilan, keahliaan dan kejujuran tidak hanya hardskill saja yang penting tapi softskill juga sangat perlu untuk generasi muda agar generasi muda sekarang memiliki keahlian dan keterampilan lebih yang bisa digunakan untuk masa depannya.

  • Pemantapan Pendidikan diluar sekolah dan pembinaan generasi muda
Pemantapan Pendidikan diluar sekolah seperti : Olahraga, Contextual Teaching And Learning, Kursus berbagai keterampilan dll.

Contoh Pembinaan diluar sekolah


Pemantapan seperti itu sangat membantu para generasi muda untuk mengasah berbagai minat dan bakat dari setiap orang untuk menemukan bakat dari stiap orang tersebut yang bisa dikembangkan untuk masa depannya, selain itu juga pemantapan diluar sekolah itu sangat diperlukan untuk membangun kepribadian dari setiap generasi muda yang dimasa depan kelak kepribadian itu sangat penting.

Kesimpulannya banyak cara dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda, tapi sejauh ini masih sedikit cara yang berhasil tapi menghasilkan banyak manfaat yaitu dengan cara mengarahkan generasi muda kepada bidang olahraga, karena olahraga itu selain berbeda dengan belajar olahraga itu menyenangkan tidak membosankan, dan kita juga harus menanamkan pada generasi muda bahwa dalam belajar kita harus meningkatkan 3 aspek penting seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.

3 hal yang harus dimiliki generasi muda sekarang







Sumber : www.bappenas.go.id/get-file-server/node/7003/, dan saya sendiri.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar