Iqbal Tawakal

Sometimes i don't feel like going to do something, but i remember i was born like a rich and smart person not a poor or lazy person.
Driver better, Don't Look Back in Anger - Noel Gallagher

Minggu, 13 Januari 2013

Hubungan antar Individu, Keluarga dan Masyarakat

Secara jelas dan bisa dilihat secara langsung maupun tidak langsung, hubungan antar 3 hal ini (Individu, Keluarga dan Masyarakat) sangat kompleks dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain, karena jelas sekali bahwa kita ini adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan serba saling membutuhkan satu sama lain baik itu individu dengan individu, individu dengan keluarga, ataupun individu dengan masyarakat.
  1. Individu
Individu adalah perseorangan atau sendiri, atau jika dilihat bdari pengertiannya individu berasal dari kata individuum yang artinya tidak bisa terpisah antar jiwa dan raganya. namun disini bukan berarti manusia adalah mahluk yang tidak bisa terpisah melainkan manusia sebagai kesatuan yang terbatas, atau mahluk perseorangan yang serba membutuhkan satu sama lain karena manusia adalah mahluk sosial pada umumnya.


Individu tidak akan jelas identitasnya tanpa adanya suatu keluarga atau masyrakat yang menjadi latar belakang keberadaanya. Individu berusaha mengambil jarak dan memproses dirinya untuk membentuk perilakunya yang selaras dengan keadaan dan kebiasaan yang sesuai dengan perilaku yang telah ada pada dirinya.
Manusia sebagai individu salalu berada di tengah-tengah kelompok individu yang sekaligus mematangkannya untuk menjadi pribadi yang prosesnya memerlukan lingkungan yang dapat membentuknya pribadinya. Namun tidak semua lingkungan menjadi faktor pendukung pembentukan pribadi tetapi ada kalanya menjadi penghambat proses pembentukan pribadi.
Pengaruh lingkungan masyarakat terhadap individu dan khususnya terhadap pembentukan individualitasnya adalah besar, namun sebaliknya individu pun berkemampuan untuk mempengaruhi masyarakat. Kemampuan individu merupakan hal yang utama dalam hubungannya dengan manusia.

     2. Keluarga 

Pengertian Keluarga menurut saya, keluarga adalah tempat terindah dan berkumpulnya manusia yang sudah terikat oleh satu garis keturunan yang tidak bisa terpisahkan dengan apapun, keluarga bisa disebut tempat terindah juga karena keluarga adalah tempat terakhir kita bertemu setelah menghabiskan waktu demi waktu dalam menjalani kepenatan hidup dan semua aktivitas.

Pengertian Keluarga menurut Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara sebagai tokoh pendidikan berpendapat bahwa keluarga adalah kumpulan beberapa orang yang karena terikat oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki, esensial, enak dan berkehendak bersama-sama memperteguh gabungan itu untuk memuliakan masing-masing anggotanya.

Pengertian Keluarga secara umumnya :

Keluargaadalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan

Fungsi Keluarga :

1. Tempat berkumpul semua anggota keluaga
2. Tempat saling bertukar pikiran atau sharing dalam suatu permasalahan dalam keadaan suka maupun duka
3. Tempat menjalankan kewajiban dalam menjalani dan mendalami serat mengamalkan dan menjauhi    perintah Allah S.W.T
4. Sebagai Alat Reproduksi
5. Sebagai Pembentuk Kepribadian
6. Lembaga perkumpulan perekonomian
7. dll.


       3. Masyarakat
Dalam bahasa inggris, masyarakat disebut society. Asal kata socius yang berarti kawan. Adapun kata masyarakat berasal dari bahasa arab yang berarti berkumpul dan bekerja sama. Adanya saling berkumpul dan bekerjasama ini karena adanya bentuk-bentuk aturan hidup yang bukan disebabkan oleh manusia sebagai perseorangan, melainkan oleh kekuatan lain dalam lingkungan sosial yang merupakan kesatuan. Dengan menggunakan pikiran, naluri, perasaan, keinginan dsb manusia memberi reaksi dan melakukan interaksi dengan lingkungannya. Pola interaksi sosial dihasilkan oleh hubungan dalm suatu masyarakat.
Berikut dibawah ini adalah beberapa pengertian masyarakat dari beberapa ahli sosiologi :

  1. menurut Munandar Soelaeman masyarakat merupakan kesatuan sosial yang mempunyai ikatan-ikatan kasih sayang yang erat. Kesatuan sosial mempunyai kehidupan jiwa seperti adanya ungkapan jiwa rakyat, kehendak rakyat, kesadaran masyarakat, dsb.
  2. menurut Karl Marx masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.
  3. Menurut Emile Durkheim masyarakat merupakan suatu kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.
  4. Menurut Paul B. Horton & C. Hunt masyarakat merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok atau kumpulan manusia tersebut.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan masyarakat adalah :

Kumpulan sekian banyak individu yang terikat oleh satuan adat, hukum dan kehidupan bersama
Kesatuan sosial yang mempunyai hubungan erat
Kumpulan individu-individu yang mandiri dan hidup berdampingan dalam waktu yang cukup lama.

Sumber :
http://celoteh-galang.blogspot.com/2012/10/pengertian-individu-keluarga-masyarakat.html (Senior)
dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar